Iklan Baris

Kamis, 28 Maret 2013

AKATSUKI

PAIN RIKUDO

*Nama

- Kanji: ペイン六道
- Romaji: Pein Rikudo
- Arti: Enam Jalur Rasa Sakit

*Debut

- Manga: Chapter #379
- Anime: Naruto Shippuden Episode #132
- Movie: Naruto 6: Road to Ninja
- Video Game: Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Heroes 3
- Muncul di Anime, Manga, Game dan Movie

*Data

- Klasifikasi: Kekkei Genkai, Gaya Bertarung, Ninjutsu, Dojutsu Kelas Serangan, Pertahanan, Tambahan
- Jangkauan: Semua Jenis
- Jutsu Induk: Gedo
- Jutsu Terkait:
¤ Chikushodo (Animal Path)
¤ Shurado (Asura Path)
¤ Chakra Explosion
¤ Chakra Propulsion
¤ Flaming Arrow Missiles
¤ Flaming Arrow of Amazing Ability
¤ Tendo (Deva Path)
¤ Bansho Ten'in (Tarikan Dewa)
¤ Chibaku Tensei (Segel Dewa)
¤ Shinra Tensei (Tolakan Dewa)
¤ Ningendo (Human Path)
¤ Soul Removal (Pencabut Nyawa)
¤ Jigokudo (Naraka Path)
¤ Gakido (Preta Path)
¤ Fujutsu Kyuin (Teknik Gakido Menyerap Ninjutsu)
- Pengguna:
¤ Nagato
¤ Tobi

Pain Rikudo adalah teknik yang dapat digunakan oleh mereka yang mempunyai Rinnegan, teknik ini memberikan mereka kemampuan yg disebut "path". Karena Nagato lumpuh maka ia menggunakan kemampuan ini dengan media mayat, dengan melalui penggunaan penerima chakra memungkinkan dia untuk memanipulasi mayat-mayat ini seolah-olah tubuhnya sendiri. Nagato menggunakan ke enam mayat untuk bertemu para akatsuki, ia menggunakan nama "Pain" (ペイン, Pein). Tobi kemudian menggunakan gaya bertarung ini dan membuat Pain Rikudo-nya sendiri saat Perang Dunia Shinobi Keempat dengan edo tensei para jinchuriki.

Nagato memiliki beberapa pengirim chakra yg ada di punggungnya untuk mengirimkan chakra ke mayat. Dari situlah, chakra nya masuk ke tindikan tubuh yg banyak di masing-masing tubuh mayat, yang bertindak sebagai penerima chakra. Namun, untuk mengendalikan mereka, Nagato harus ada di tempat tertinggi tak jauh dari mereka. Inoichi Yamanaka membandingkan kemampuan ini dgn Kemampuan klan Yamanaka untuk Beralih Tubuh, meskipun dalam skala yang lebih besar.

Karena kenyataan bahwa ia lumpuh, Nagato menyalurkan kemampuan Enam Jalur Rinenggan menjadi enam tubuh yang berbeda (satu kemampuan per tubuh). Satu-satunya fitur umum yg dimiliki oleh badan-badan ini adalah rambut oranye cerah dan Rinnegan. Masing-masing Jalur memiliki sejumlah tindikan di tubuh dan wajah dengan berbagai bentuk, ukuran, dan pola. Juga, setiap tubuh tampaknya digunakan untuk tujuan tertentu dalam pertempuran, seperti memanggil, perbaikan, dan pertahanan, membuat mereka terbuka di daerah lain. Namun Ini tidak berlaku bagi Tendo yang diberi beberapa kemampuan. masing-masing mayat, dengan pengecualian chikusodo kedua memiliki hubungan dgn jiraiya saat hidup dulu.

Ketika semua pain aktif dalam pertempuran, Nagato bisa melihat melalui mata mereka, sehingga ia memiliki 6 penglihatan pada saat yg sama. Dgn ini ia dapat saling membantu dalam serangan dan pertahanan tanpa titik buta. Masing-masing pain juga memiliki kecepatan tinggi, kekuatan besar, serta kemampuan besi hitam yg mampu mengganggu chakra lawan saat ditusukan. Kerjasama dan kombinasi kejutan adalah ciri mereka, bahkan kakashi dan jiraiya terkena dampak ini. Dalam anime, setiap tubuh ditunjukan tidak memiliki rasa sakit dan berkulit dingin. Ketika membentuk formasi, pain tendo akan selalu di tengah dan pain jigukodo akan di belakang. Formasi ini digunakan untuk melindungi tendo dan jigukodo. Namun teknik ini memiliki kelemahan, masing-masing pain hanya punya satu kemampuan. Dengan begitu ketika seseorang tahu kemampuan masing-masing pain ia akan menang lebih mudah.
Bila tidak digunakan, mayat-mayat itu disimpan di sebuah kamar tersembunyi di dalam menara tertinggi di Amegakure. Di ruang khusus itu terdapat enam kapsul yg menyimpan tubuh pain yg tidak aktif, kapsul tersebut terlihat ditutup dgn simbol amegakure dan ada kabel yg terhubung ke suatu tempat. Setiap kapsul juga diberi angka dari satu sampai enam menggunakan karakter daiji, nomor tersebut urut dgn penomoran enam jalan renkarnasi budha:

(1) - Tendo.
(2) - Shurado.
(3) - Ningendo.
(4) - Chikusodo.
(5) - Gakido.
(6) - Jigukodo.

*Tendo (Deva Path; Jalur Dewa)
Deva Path (天道, Tendo) memberikan pengguna kemampuan untuk memanipulasi kekuatan menarik dan menolak.

*Shurado (Asura Path; Jalur Setan)
Asura Path (修羅道, Shurado) memberikan pengguna kemampuan untuk menjadikan tubuhnya senjata besi mekanik, besi mekanik ini dapat menambah tubuhnya dengan anggota badan ekstra dan persenjataan robot yang beragam.

*Ningendo (Human Path; Jalur Manusia)
Human Path (人間道, Ningendo) memberikan pengguna kemampuan untuk menghapus jiwa dari setiap sasaran mereka hanya dgn menyentuh serta membaca pikiran mereka.

*Chikusodo (Animal Path; Jalur Hewan)
Animal Path (畜生道, Chikushodo) memberikan pengguna kemampuan untuk memanggil berbagai makhluk.

*Gakido (Preta Path; Jalur Rakus)
Preta Path (餓鬼道, Gakido) memberikan pengguna kemampuan untuk menyerap jumlah chakra tak terbatas dalam bentuk apapun dengan menggunakan Fūjutsu Kyūin.

*Jigukodo (Naraka Path; Jalur Neraka)
Naraka Path (地獄道, Jigokudo) memberikan pengguna dua kemampuan utama: interogasi dan restorasi, dengan menggunakan Raja Neraka.

*Gedo (Outer Path; Jalur Luar)

Outer Path (外道, Gedo) adalah jalur ketujuh, kemampuan yang diberikan kepada Pengguna Rinnegan. Dengan Gedo, pengguna mampu mengontrol kehidupan dan kematian dengan menghidupkan kembali orang mati, membatasi musuh, serta menciptakan dan mengendalikan Pain Rikudo.

[Inspirasi]

Berdasarkan enam Jalur Reinkarnasi Budha, masing-masing tubuh diberi nama saling berbeda tiap "Jalur" yaitu: Deva, Asura, Human, Animal, Preta, dan Naraka. Masing-masing jalur, merupakan salah satu makhluk yg terlahir kembali setelah kematian, ditentukan oleh akumulasi dosa dari kehidupan masa lalu mereka. Sementara dua jalur yg yang paling rendah, Preta dan Naraka, adalah neraka, dan dua jalur yang paling tinggi, Deva dan Asura, adalah surga, kesemua jalur dianggap sebagai penderitaan karena menghasilkan siklus Reinkarnasi; satu2nya cara untuk istirahat dan naik ke tingkat yang lebih tinggi dari keberadaan semula adalah mencapai pencerahan.

[Trivia]

- Meskipun Nagato memiliki kemampuan sensor, tak satupun dari Enam Pain yg ia ciptakan memiliki kemampuan ini, bahkan Tendo yang merupakan jalur yg punya lebih dari satu teknik.
- Semua Pain Rikudo Nagato memiliki warna rambut yang sama dgn Yahiko, kecuali Shurado yang memang botak.
- Tiga dari Pain Rikudo Nagato dapat dimainkan di Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Heroes 3, sementara tiga orang lainnya akan muncul sebagai karakter pendukung. Semuanya dapat muncul secara bersamaan dalam mode tiga versus satu. Yang dapat dimainkan adalah Tendo, Shurado dan Chikusodo, yang memang punya fungsi utama dalam pertempuran, daripada sebagai tambahan.
- Semua Pain Rikudo Nagato kecuali chikusodo kedua telah berinteraksi dengan Jiraiya saat perjalanannya, saat mereka masih hidup.
- Sebagaimana dinyatakn oleh Konan dalam chapter 430, teknik Nagato jauh lebih kuat ketika dia berfokus pada Tendo, namun hal ini cukup beresiko pada Pain lainnya yang akan lambat pulih.
- Semua Pain asli Nagato memiliki pengisi suara yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar